Pengaruh Kista Ovarium Pada Kesuburan

Jenis Kista Yang Berpengaruh Pada Kesuburan

Bagi perempuan, mendapat informasi bahwa dirinya mempunyai kista ovarium pasti mengagetkan dan membuat mereka khawatir. Rata Rata mereka dapat berpikir bahwa kista berbahaya dan mirip seperti kanker. Padahal mestinya perempuan tidak perlu terlalu takut disaat mengalami hal ini.

Pengaruh Kista Ovarium Pada Kesuburan

Kista ovarium yaitu kantung berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium wanita. Organ tersebut berkaitan dengan produksi sel telur dan hormon pada perempuan. Biasanya jenis kista ovarium tak berbahaya bagi kesehatan perempuan. Walaupun demikian, seringkali perempuan bertanya-tanya apakah kista ovarium dapat berpengaruh pada kesuburan mereka.

Menurut Mary M Gallenberg M.D dari Mayo Clinic, tidak semua kista ovarium dapat berpengaruh pada kesuburan. Beberapa jenis kista ovarium yang dapat berpengaruh pada kesuburan antara lain :

1. Endometriomas
Endometriomas merupakan kista yang disebabkan oleh endometriosis, keadaan saat jaringan yang semestinya melapisi uterus tumbuh ke luar uterus. Kista ovarium jenis ini dapat berpengaruh pada kesuburan.

2. Kista ovarium akibat sindrom polisistis ovarium
Polycystic ovary syndrome (PCOS) yaitu keadaan saat ada banyak kista kecil tumbuh pada ovarium. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi juga produksi hormon yang berlebihan. Pada akhirnya Kista Ovarium ini berpengaruh pada kesuburan perempuan.

Sementara beberapa jenis kista ovarium berikut ini diketahui tak dapat mempengaruhi kesuburan perempuan kecuali tumbuh sampai besar.

1. Kista fungsional
Kista fungsional ialah salah satu jenis kista yang paling umum dan biasanya terbentuk dalam masa menstruasi. Kista jenis ini tak berpengaruh pada kesuburan.

2. Cystadenomas
Cystadenomas yakni kista yang tumbuh dalam ovarium dan muncul ke permukaan ovarium. Biarpun kista jenis ini sebaiknya segera diperiksakan dan dirawat, kista ini tak mempengaruhi kesuburan.

3. Kista dermoid
Kista jenis ini tidak berisi cairan, melainkan jaringan seperti kulit, rambut, atau bahkan gigi. Kista Dermoid ini tak berkaitan dengan kesuburan dan tak dapat mempengaruhi kesuburan pada perempuan.

Itulah beberapa jenis kista yang dapat mempengaruhi kesuburan dan tidak. Tak semua jenis kista bisa berpengaruh pada kesuburan, tapi sebaiknya Kamu melakukan pemeriksaan dengan cara rutin dan segera melakukan perawatan kalau diketahui memiliki kista.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *